Saturday 18 March 2017

Sejarah & Pengertian Mouse

Sejarah & Pengertian Mouse
 
Mouse adalah suatu alat atau perangkat hardware seperti keyboard yang ada pada komputer atau laptop, tetapi di laptop tidak terlalu penting karena di laptop sudah ada touchpad sebagai pengganti Mouse. Dinamkan mouse ini karena kabel yang menjulur pada mouse berbentuk seperti ekor tikus.
Mouse ini memiliki sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor (sebuah gambar anak panah) pada PC. Seperti yang anda lihat di depan monitor komputer anda pada gambar sebelah kiri. Atau dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam vertikal ketika kamu mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah pasa saat kita klik kiri ataupun kanan.

PENGERTIAN MOUSE
Ok selanjutnya kita bahas tentang pengertian mouse, Mouse/“Tikus” ini dalam istilah baku Bahasa Indonesia-nya yaitu merupakan salah satu perangkat keras (hardware) dalam sebuah komputer, yang memiliki fungsi sebagai alat input selain keyboard. Mouse ini dapat dikategorikan sebagai sebuah Pointing Device (alat penunjuk /pemilih). Gerakan cursor pada layar monitor mewakili pergerakan dari piranti mouse itu sendiri contoh saat kita menggerakan kearah kanan maka secara otomatis kursorpun akan bergerak kearah kanan. Dengan mengarahkan cursor mouse pada icon/GUI (Graphic User Interface) tertentu, kemudian mengeksekusi perintah dengan cara meng-kliknya, seorang pengguna dapat menjalankan perintah tertentu pada program komputernya dengan cara kita klik kiri, klik kanan, double klik, drag and drop, ataupun scroll lock .
Nah dari pengertian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa mouse ini juga merupakan suatu perangkat yang sangat penting khususnya untuk komputer, karena dengan adanya mouse ini kita akan lebih mudah dalam menjalakan atau memberikan perintah pada program di pc.

SEJARAH MOUSE
Sekilas dari sejarah mouse mulai dari awal terciptnya hingga perkembangannya. Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu bernama Dr. Douglas C. Engelbart dari Stanford Research Institute Amerika. Mouse yang pertama kali di buat merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu yang memiliki satu tombol kecil di sebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil di dalamnya. Saat itu, alat ini diberinama resmi “X-Y position indicator for a display system” (Indikator posisi X-Y untuk sebuah system tampilan). Karena bentuknya yang memiliki kabel panjang, dan menyerupai seekor tikus, alat ini kemudian dipanggil “mouse” (Tikus). Kursor di layar pun sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga). Tapi nama ini tidak menjadi terlalu populer.
Pada awalnya, Douglas mencoba untuk menemukan Pointing Device (Alat penunjuk) yang lain, seperti alat yang digerakkan oleh dagu atau hidung. Akan tetapi, mouse-lah yang dianggap paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan.
 Mengenai mouse ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan komputer Apple, Inc. (Pengembang system operasi Macintosh). Maka dari itu, Apple-lah yang akhirnya mendapatkan paten dari penggunaan mouse ini.

Jenis Mouse menurut portnya terbagi menjadi 4 yaitu :

 Dilihat dari Jenis-jenis port  mouse, ada 4 macam mouse:

1.    Mouse Serial, Mouse ini memiliki bentuk port serial yang mempunyai beberapa pin pada ujung portnya, mouse banyak dijumpai pada masa komputer pentium 1 dan pentium 3 dan berjenis AT.
2. Mouse PS/2Mouse PS2 yang sempat populer dan banyak digunakan, dengan ciri khas berwarna hijau di bagian ujungnya. Warna tersebut bertujuan untuk membedakan antara keyboard dan mouse. mouse banyak dijumpai pada masa pentium 3 dan 4, dan seiring perkembangan teknologi mouse PS2 kini sudah mulai ditinggalkan.
3.  Mouse USB, adalah sebuah mouse yang paling umum digunakan pada saat ini, hal tersebut dikarenakan mouse USB sangat compatibel untuk jaman sekarang. Mouse USB mempunyai ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya, dan untuk menggunkanya cukup dengan mencolokanya pada salah satu bagian untuk pors usb pada komputer atau laptop.
4.  Mouse Wirelless, Mouse Wireless merupakan mouse yang tergolong baru dan sudah menggunakan teknologi wireless, jika sebelumnya mouse yang anda gunakan masih mengandalkan kabel untuk menghubungkanya, maka mouse wireless yang satu ini sudah tidak menggunakan kabel sebagai alat penghubung sehingga menjadikanya lebih praktis dan flexibel, dan pada saat ini mouse jenis ini adalah yang paling sering di gunakan (lebih populer) di bandingkan dengan jenis mouse lainnya.

 Nah itulah pengertian dan sejarah singkat serta pekembangan dari mouse ini, semoga bermanfaat ....
Baca juga tentang pengertian dan fungsi keyboard, klik disini

0 comments:

Post a Comment