Wednesday 15 March 2017

Apa itu kecerdasan ?

Apa itu kecerdasan ?

Kecerdasan adalah sebuah bagian yang sangat penting yang membuat manusia akan memiliki sebuah kedudukan tinggi dan mulia, dimana kecerdasan ini menjelaskan sifat dari pikiran seseorang tentang sejumlah kemampuan yang dimiliki di antaranya seperti kemampuan menalar, kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, kemampuan dalam membuat suatu perencanaan yang jitu, berpikir abstrak, kemampuan dalam memahami suatu gagasan, kemampuan dalam menyerap sesuatu yang baru (belajar) serta dalam penngunaan bahasa. 
Pada saat ini kecerdasan seseorang dapat kita ukur dengan menggunkan suatu alat yang di sebut Psikometri atau dengan kata lain tes IQ. Kecerdasan ini dapat berupa Kreativitas, Kepribadian , Watak, Pengetahuan ataupun Kebijaksanaan yang di miliki seseorang.
Kecerdasan menurut beberapa ahli, diantaranya :
  1. Stenberg & Slater berpendapat bahwa kecerdasan adalah suatu tindakan atau pemikiran yang mempunyai sebuah tujuan dan adaptif.
  2. L.L. Thurstone berpendapat bahwa kecerdasan adalah sebuah kemampuan pemahaman dan verbal, angka dan hitungan, kemampuan visual, daya ingat, penalaran serta kecepatan perseptual.
  3. Howard Gardner berpendapat kecerdasan manusia itu terbagi kedalam beberapa bagian yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan matematik/logika, kecerdasan spasial, Kecerdasan kinetik dan jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan naturalis.
Nah itu merupakan pendapat beberapa ahli tentang apa itu kecerdasan, lalu apakah ada sesuatu hal yang bisa mempengaruhi kecerdasan itu ?, jawabanya tentu saja ada, dan beberapa faktor yang dapat menyebabkan atau berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang di antaranya :
  1. Faktor bawaan atau biologis, sering kita mendengar istilah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" begitu pula dengan kecerdasan seseorang, ada beberapa di antaranya jika orang tuanya memiliki IQ / kecerdasan sangat tinngi maka kemungkinan besar anaknya pun akan mewarisinya.
  2. Faktor minat dan pembawaan yang khas, dimana faktor ini lebih mengarah pada keinginan yang akan menimbulkan suatu tindakan atau perbuatan untuk sebuah tujuan yang merupakan sebuah dorongan untuk perbuatan itu.
  3. Faktor lingkungan, Faktor ini merupakan faktor yang cukup berpengaruh karena kepribadian seseorang akan lebih terpengaruh oleh keadaan daerah tersebut.
  4. Faktor kematangan , dimana setiap manusia akan mengalami sebuah perubahan yang di sebut pertumbuhan dan perkembangan.
  5. Faktor kebebasan, dalam hal ini dimana setiap manusia akan memiliki cara atau metode tertentu dalam memecahkan suatu masalah.
Nah oleh karena itu kita tidak boleh berputus asa jika kita memiliki kecerdasan yang di bawah rata-rata, jika kita merasa seperti itu kita lihat lagi faktor - faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan itu, jika kita tidak memiliki kecerdasan bawaan atau biologis ataupun lingkungan kita yang kurang memadai maka kita bisa lihat faktor berikutnya yaitu minat dan kebebasan, jika kita memiliki minat yang tinggi sehinnga kita akan terus belajar dan belajar maka kita bisa meningkatkan tingkat kecerdasan kita.

Contoh game uji kecerdasan, klik disini

Nah itu lah sedikit penjelasan tentang kecerdasan,  mungkin cukup itu penjelasan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jika ada salah, salah saya mohon maaf karena manusia memang tidak luput dari yang namanya salah tapi bukan berati akan salah selamanya, oleh karena itu mari kita belajar agar lebih baik lagi... terimaksih


0 comments:

Post a Comment