Friday 10 March 2017

Cara membuat jam analog pada Macromedia flash Professional 8

Cara membuat jam analog pada Macromedia Flash Professional 8

Sebelum kita lanjut pada praktik pembuatan jam analog pada Macromedia Flash Professional 8 ini, sebelumnya saya akan sedikit menjelasakan tentang apa itu Macromedia Flash Professional 8 ini ?

Macromedia FlashProfessional 8  adalah sebuah program (aplikasi) desain grafis dan animasi yang mempunyai fungsi untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam membuat animasi web interkatif, film animasi kartun, presentasi bisnis (company/organization profile) dan game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Macromedia Flash Professional 8 ini tersedia berbagai  fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi lebih luas agar setiap ide dapat tertuangkan dengan baik. Baca lebih lanjut tentang fungsi dan tool yang ada pada Macromedia Flash Professional 8, klik disini

Nah selanjutnya mari kita prakti bagai mana cara membuat jam analog pada Macromedia Flash Professional 8 ini, ikuti langkah-langkah berikut :
Cara membuat jam digital klik disini
  • Buka aplikasi flash Professional 8, lalu pilih flash document.
  • Buat desain untuk interface jam anolog, contoh seperti gambar di bawah.
  • Selanjutnya buatlah 3 bauh jarum dengan ukuran berbeda untuk jam, menit dan detik (agar lebih mudah membedakan di sarankan setiap jarum memiliki warna yang berbeda ) .
  • Lalu blok masing - masing jarum itu, kemudian tekan F8, maka akan tampil seperti gambar di bawah. 
  • Pada colom name ketik detik dan type movie clip serta registration harus pada posisi di tengah bagian bawah.
  • Lakukan hal yang sama untuk jarum menit dan jam nya seperti halnya pada jarum detik.

  • Jika sudah selanjutnya klik pada jarum detik tadi dan pilih properties (bagian bawah sebelah kiri), pada bagian yang kosong di bawah tool Movie Clip ketik detik_mc. jika sudah maka lakukan hal yang sama pada jarum menit dan jam. 
  • Jika sudah melakukan langkah - langkah di atas maka sekarang kita hanya perlu memasukan codingan. silahkan ketik codingan di bawah bagian form script.

onEnterFrame = function () {

waktu = new Date ();
jam = waktu.getHours ();
menit = waktu.getMinutes ();
detik = waktu.getSeconds ();
if (jam>12) {
jam = 12;
}
jam_mc._rotation =jam*30 +(menit/2);
menit_mc._rotation = menit*6 ;
detik_mc._rotation = detik*6;
};this

  • jika sudah maka selanjutnya kita dapat melihat hasilnya, untuk menjalankanya anda dapat menenkan tonbol Ctrl+Enter.
Nah itulah langkah - langkah dalam pembuatan jam anolaog pada Macromedia Flash Professional 8. Selesai , selamat mencoba dan semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment