Wednesday 1 March 2017

Macam macam menu dan tool serta fungsinya pada Macromedia Flash Professional 8

Macam macam menu dan tool serta fungsinya pada Macromedia Flash Professional 8

Sebelum kita lanjut pada macam – macam dan fungsi dari tool yang ada Macromedia Flash Professional 8  ini, saya akan sedikit menjelasakan apa itu Macromedia Flash Professional 8 ini ?

Macromedia FlashProfessional 8  adalah sebuah program (aplikasi) desain grafis dan animasi yang berfungsi bagi pecinta desain dan animasi untuk lebih berkreasi dalam membuat animasi web interkatif, film animasi kartun, presentasi bisnis (company/organization profile) dan game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Macromedia Flash Professional 8 ini tersedia berbagai  fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi lebih luas lagi agar setiap ide yang ada pada pikiran kita dapat tertuangkan dengan baik. Sehingga halis yang di hasilkan akan lebih bagus dan kreatif serta lebih menarik.

Animasi yang bisa kita dibuat pada Macromedia Flash Professional 8 ini dapat kita bedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya :

a1.    Animasi frame by frame,  adalah animasi yang dapat dibuat hanya dengan menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar-layer. Untuk waktunya tergantung dari frame yang kita buat.
22.   Animasi motion tween, adalah animasi yang merupakan bentuk animasi yang paling mendasar pada Macromedia Flash Professional 8 ini. Animasi ini berfungsi untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lain.
33. Animasi shape tween, adalah animasi perubahan bentuk. Dalam pembuatan animasi ini dibutuhkan blank keyframe yaitu sebuah frame kosong yang akan digunakan untuk menambahkan bentuk objek yang berbeda pada keyframe sebelumnya.

Pada program Macromedi Flash Professional 8 ini  ada istilah symbol. Symbol adalah objek yang nantinya akan dijadikan untuk membuat sebuah animasi agar sebuah objek dapat di jadikan animasi, maka objek tersebut harus dijadikan sebuah simbol dengan perintah convert to symbol. Ada beberapa tipe symbol diantaranya :
ü Graphic, digunakan untuk gambar statis dan untuk membuat potongan-potongan animasi yang terangkum pada timeline. Kontrol interaksi dan suara tidak dapat bekerja di dalam animasi simbol graphic.
ü Button, digunakan untuk membuat tombol interaksi di dalam yang mampu merespon aksi mouse.
ü Movie clip, digunakan untuk membuat bagian animasi. movie clip mempunyai timeline dengan multiframe sendiri. movie clip dapat berisi kontrol interaktif, suara, maupun movie clip lainnya.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN

Segala sesuatiu yang di buat manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitupun aplikasi Macromedia Flash professional 8 ini. Kelebihan Program Aplikasi Macromedia Flash Professional 8 ini di antaranya :
1.     Merupakan teknologi pembuatan animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
2.     Ukuran file kecil dengan kualitas yang baik.
3.     Kebutuhan hardware yang tidak tinggi (meski spek Pc kecil bisa menggunakan).
4.     Dapat membuat animasi untuk website, cd-interaktif, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permainan, aplikasi web dan handphone.
5.     Dapat ditampilkan di berbagai media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
6.     Adanya Actionscript, dengan actionscript ini kita dapat membuat animasi dengan menggunakan kode sehingga memperkecil ukuran file. Karena adanya actionscript ini juga Flash bisa digunkan untuk membuat game karena script dapat menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dan lain-lain. yang berguna dalam game. Selain itu, Flash adalah program berbasis vektor.

Selain kelebihan-kelebihan tersebut ternyata Macromedia Flash Professional 8 tidaklah dengan mudah bisa digunakan terutama bagi pada pemula. Didalam macromedia flash kita harus menghafalkan beberapa perintah untuk bisa membuat presentasi yang menarik. Kekurangan dari program aplikasi Flash, salah satunya adalah komputer yang ingin memainkan animasi flash harus memiliki flash player. Anda harus menginstallnya, biasanya secara online. Satu lagi, program adobe flash bukan freeware.


Selanjutnya kita akan lebih mengenal bagian bagian yang terdapat pada Macromedia Flash Professional 8 seperti pada gambar di bawah ini :

pada gambar di atas yang di tunjukan oleh no 1 adalah nama - nama file yang telah kita buat, jika kita ingin membukanya kita tinggal pilih dan klik saja pada judul project kita yang telah di buat. sedangkan untuk no 2 adalah untuk membuat file baru dengan format seperti pada gambar tapi untuk permulaan biasanya yang di pilih adalah Flahs Document. selanjutnya untuk no 3 adalah untuk menambahkan template.




Pada gambar di atas terdapat beberapa nomer yang menunjukan beberapa bagian pada halaman atau menu utama pada aplikasi Macromedia Flash Professional 8, bagian – bagian tersebut mempunyai nama dan fungsi masing – masing.
          Di sini saya akan mencoba menjelaskan apa saja nama dan fungsi dari bagian bagian tersebut :
1.     Menu Bar
Pada macromedia flash Professional 8 terdapat Menu Bar yang sama seperti pada Microsoft office dan softwere lainnya yang berfungsi untuk mengatur halaman kerja yang akan dibuat. Menu yang tersedia pada macromedia flash 8 adalah file, edit, insert, modify, text, command, control, window dan help.

            2.  Tool Box
Pada panel Tool Box terdapat kumpulan sejumlah alat-alat (tool) yang biasa digunakan untuk memilih dan membuat isi di dalam Timeline dan stage. Tool Box ini Terbagi menjadi tool dan modifier. Dalam tool itu sendiri memiliki ukuran modifier tertentu yang dapat di tampilkan ketika anda memilih tool tersebut. 
Berikut nama dan fungsi tools pada Macromedia Flash Professional 8 :
  1. Selection tool (V) yang berfungsi untuk untuk memilih suatu objek, memblok (ctrl+a) dan memindahkannya.
  2. Subselection tool (A), tool ini berfungsi untuk merubah suatu objek.
  3. Free transform tool (Q), tool ini berfungsi untuk memutar objek, merubah ukuran objek, merubah bentuk objek ke bentuk lain,
  4.  Fill transform tool , mentransformasi suatu fill objek
  5. Line tool(N), tool ini berfungsi untuk membuat suatu garis pada stage.
  6. Lasso tool (L), tool ini berfungsi untuk memilih daerah objek yang akan kita edit atau rubah.
  7.   Pen tool (P), tool ini berfungsi untuk menggambar dan merubah bentuk sebuah objek dengan memanfaatkan edit point.p
  8. Text tool (T), tool ini tentunya berfungsi untuk menambahkan kata-kata maupun kalimat.
  9. Oval tool (O), sesuai dengan namanya tool ini berfungsi untuk membuat sebuah objek dari segala bentuk lingkaran.
  10.  Rectangle tool (R), sudah tentu tool ini berfungsi untuk menggambar sebuah objek dari segala bentuk persegi.
  11. Pencil tool (Y), tool ini berfungsi untuk menggambar sebuah sesuai dengan yang anda kehendaki.
  12.  Brush tool (B), tool ini berfungsi untuk mewarnai pada objek bebas.
  13. Ink bottle tool (S), tool ini berfungsi untuk mewarnai garis tepi.
  14. Paint bucket tool (K), tool ini berfungsi untuk mengisi warna pada objek yang dipilih secara keseluruhan.
  15.  Dropper tool : untuk mengambil warna suatu bidang gambar lain.
  16. Eraser tool (E), tool ini berfungsi untuk menghapus objek.
  17. Hand tool (H), tool ini berfungsi untuk menggerakkan suatu tampilan stage tanpa menggangu letak objek-objek yang sudah di buat. Sedangkan Zoom tool (M,Z), tool ini berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek pada stage.
  18.  Stroke color, berfungsi untuk memberi warna pada border / gasir tepi.
  19. Fill color, berfungsi untuk memberi warna sebuah objek.
  20. Black and white, berfungsi untuk memberi warna fill ataupun stroke dengan warna hitam putih. Dan Swap colors, berfungsi untuk menukar fill color dengan stroke color.
1      3.     Time Line
           Timeline merupakan kumpulan pengaturan tool. Pada timeline terdapat dua komponent pokok, yaitu layer dan frame:
             layer, merupakan sebuah folder tempat anda meletakkan objek-objek yang berdeda yang anda buat pada stage. 
                 Frame, merupakan bentuk bingkai kecil yang berfungsi untuk mengatur lamanya suatu objek saat bergerak.
3  4. Panel color dan Librari
            Pada panel color ini berfungsi sebagai tool untuk mengubah dan mengganti warna pada objek dengan tipe warna yang dapat kita sesuaikan, sedangkan untuk librari itu berfungsi menampilkan objek yang kita impor maupun yang kita buat.

    5. Panel Propeties
             Properties merupakan window yang di gunakan untuk berbagai jenis pengaturan, contoh mengatur size dokumen, warna background, kelajuan frame dan lain-lain. 
    6. Stages
          Adalah tempat untuk memulai pekerjaan pada macromedia flash 8, karena stage merupakan daerah yang berisi semua objek objek gambar yang kita buat sehingga membentuk sebuah movie flash.
   
    Mungkin hanya itu yang bisa saya kasih tahu, untuk kurang lebihnya saya mohon maaf...



            Bagi yang belum mempunyai aplikasi dapat anda download disini : Download
                  Baca juga tentang cara pembuatan animasi gambar.gif, Klik disini

===== BONUS =====




7 comments:

  1. Replies
    1. Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK tN

      Delete
  2. terimakasih sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam Macam Menu Dan Tool Serta Fungsinya Pada Macromedia Flash Professional 8 ~ Si Jago Blog >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 3n

    ReplyDelete