Thursday 9 March 2017

cara melihat IP Address dengan cmd

Cara melihat IP Address dengan CMD

              Nah kali ini saya akan membagikan tentang bagai mana cara melihat ip kita dengan menggunkaan CMD, tapi sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan tentang IP Address dan CMD.
               Nah apa yang di maksud dengan IP Addres, IP Address adalah sebuah alamat yang terdapat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 4 buah Blok dan pada setiap Blok di isi oleh angka mulai dari 0 sampai 255. 

Kelas IP di bagi menjadi beberapa kelas :
  1. KELAS A = kelas A  terdiri dari 8 bit pertama yang disebut network Id, dan 24 bit selanjutnya yaitu host Id, kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127.
  2. KELAS B = kelas B terdiri dari 16 bit pertama yang merupakan network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191
  3. KELAS C = kelas C terdiri dari 24 bit pertama yang merupakan network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223
  4. KELAS D = IP kelas D digunakan untuk multicasting, atau dengan kata lain dapat menggunakan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255
  5. KELAS E,  = memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.
                Nah itulah sekilas tentang IP Address, selanjutnya apa yang di maksud dengan CMD, Command Prompt atau CMD adalah sebuah aplikasi yang ada pada windows, aplikasi ini menjalankan perintah yang berupa text. Pada umumnya aplikasi ini di gunakan untuk mengeksekusi batch file, menjalankan fungsi administrator, melakukan trobleshoot, membuka program dan memberikan sebuah solusi untuk berbagai masalah pada sistem oprasi windows. 

                  Nah itu lah seputar IP Adddress dan CMD, ok kita lanjutkan kepada bagaimana cara untuk melihat IP Address pada PC kita dengan menggunakan CMD. 
  • Langkah pertama kita buka CMD dengan menekan tombol START + R maka akan tampil seperti gambar di bawah. 
  • Nah jika sudah kita ketikan text ipconfig dan Enter.

  • Ketika di enter maka  akan tampil seperti gambar di bawah. disana akan tampil pemberitahuan IP Address, subnet mask dan gatewaynya..


                          Nah cukup sekian, semoga bermanfaat ya !!!!

0 comments:

Post a Comment