Saturday 11 March 2017

Fungsi serta keuntungan penggunaan Baterai pada laptop

Fungsi Baterai pada laptop

             Setiap laptop pasti mempunyai yang namanya baterai yang tersimpan biasanya di bagian bawah sebelah belakang yang sejajar dengan PC, nah namun apa sih fungsi dari baterai ini. Baterai merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai sumber daya untuk menghidupkan laptop atau notebook saat tidak tersambung pada adaptor.
            baterai pada laptop ini memiliki berbagai macam bentuk dan model tergantung dari jenis dan produk laptop tersebut. Daya tahan baterai pada laptop ini tergantung dari berbagai macam kondisi misalnya : kondisi pengaturan cahaya / kecerahan layar lcd, sedikit banyaknya program yang kita jalankan, kualitas dari baterai tersebut.

           Bagai mana kalo kita membiarkan laptop tetap terhubung pada adapter tanpa melepas baterai meski daya sudah penuh ?, disini kita tidak perlu khawatir itu akan merusak komponen pada laptop atau baterai itu sendiri, karena setiap baterai pada laptop sudah dirancang sedemikian rupa sehingga saat baterai sudah penuh atau 100% charged maka secara otomatis baterai akan berhenti menerima energi. Dengan kata lain, energi yang dialirkan dari adapter akan di-bypass langsung menuju sistem power supply laptop.

           Namun akan ada kondisi tertentu dimana itu mengharuskan kita untuk melepas baterai, yaitu saat laptop tidak di gunakan lebih dari 3 hari maka di anjurkan untuk melepas baterai agar baterai tidak rusak karena kelembaban dan saat laptop mengeluarkan panas berlebih yang di karenakan pada saat laptop digunakan untuk pekerjaan berat yang terus menerus. Saat hardware laptop mengeluarkan panas berlebih, panas tersebut akan turut memanasi baterai. Nah, panas inilah yang dapat merusak baterai. Oleh karena itu kita harus dapat mengontrol suhu saat menggunakan laptop agar umur baterai dapat lebih panjang. Berikut adalah keuntungan menggunkan baterai pada saat menggunakan laptop atau notebook :
  1. Baterai yang terpasang akan melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem / berlebihan, misalnya akibat ada petir yang menyambar.
  2. Untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, untuk menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. 
  3. Umur laptop atau notebook akan lebih lama.
               Maka jelas sudah bahwa baterai ini sangat penting dalam mengunakan laptop atau notebook, karena pada saat menggunakan laptop atau notebook tanpa menggunakan baterai itu lebih rentan beresiko rusak, berikut adalah beberapa dampak negatif menyalakan laptop atau notebook tanpa adanya baterai :

  1. Menyalakan laptop atau notebook dengan AC power pada kondisi baterai dicopot maka akan mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, hal ini di sebabkan karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
  2. Menyalakan laptop atau notebook dengan AC power pada kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS ini juga sedikit banyak akan mempengaruhi kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
  3. pada saat listrik tiba-tiba mati maka laptop juga akan ikut mati mendadak, lebih parahnya jika hal ini terulang secara terus menerus maka yang terkena efeknya adalah hard disk, ram, processor bisa rusak.
  4. Saat kita melakukan pekerjaan lalu tiba - tiba mati maka kadang data yang telah kita buat akan terhapus.
          Naka dari itu dapat kita simpulkan bahwa menggunkan baterai pada saat menggunkan adapter tidak merusak baterai serta menggunkan baterai akan lebih menguntungkan dalam pengunaan laptop atau notebook karena selain menjaga software ataupun hardware ini juga dapat memperpanjang umur dari laptop atau notebook tersebut...
 Nah itulah Fungsi dari baterai serta keuntungannya, semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment