Thursday 16 March 2017

Pengertian serta fungsi dari keyboard

Apa itu Keyboard ?
Keyboard bagi orang orang IT pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard, namun kebanyakan hanya sekedar tau saja tentang keyboard itu tapi tidak paham atau mengerti tentang apa itu keyboard yang sebenarnya, sedangkan tahu saja tidak cukup untuk bisa mengenal keyboard dengan baik. Sebagai conto kita tahu seseorang dengan kita kenal seseorang itu memiliki perbedaan makna yang luas dan tentu saja itu berbeda.
Lalu apa sih sebenarnya keyboard itu ?, jika kita lihat keyboard berasal bahasa inggris dan terdiri dari dua kata yang berbeda yaitu "key" yang berarti "kunci" dan "board" yang berarti "papan" jika kita satukan berarti papan kunci,  tapi jika kita lihat dari fungsinya papan kunci ini juga sering di sebut papan ketik yang dimana papan kunci ini terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Jika kita lihat dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Keyboard (Papan kunci/papan ketik) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Sedangkan definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol input yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
Maka dapat kita simpulkan bahwa keyboard merupakan salah satu perangkat yang sangat penting yang ada pada komputer atau laptop, tanpa adanya keyboard maka komputer tidak akan bisa bekerja sebagai mana mestinya karena tidak ada perintah input yang di masukan. Dengan adanya keyboard kita dapat memasukan input dalam bentuk huruf, angka atau simbol, contohnya dalam pembuatan dokumen, makalah, ataupun karya tulis lainnya. 
Pada awalnya pembuatan keyboard ini terinspirasi dari papan ketik yang di desain oleh dan di buat oleh Christopher Lathan pada tahun 1868, kemudia pada tahun 1877 sebuah perusahaan bernama Remington memasarkan produk tersebut, setelah mesin ketik ini menyebar secara luas maka di mulailah penciptaan keyboard komputer pertama ini.
Nah itulah awal mula perkembangan teknologi komputer, semenjak saat itu teknologi komputer ini berkembang dengan pesat. Nah itulah sedikit pengertian dan fungsi dari keyboard. Semoga bermanfaat...

baca juga tentang sejarah dan pengertian mouse, klik disini

0 comments:

Post a Comment