Saturday 11 March 2017

Jenis jenis solder serta cara kelebihannya

Jenis - jenis solder & Kelebihannya

           Seperti yang kita tahu bahwa  Solder atau patri adalah sebuah alat yang di gunakan untuk membantu dalam merakit atau membongkar suatu rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan PCB. Solder ini mengubah suatu energi listrik menjadi energi panas yang dapat melelehkan timah yang akan di gunakan untuk menyambungkan suatu rangkaian yang rusak atau putus.
baca juga tentang bagai mana cara menggunaka solder yang baik, klik disini
                   Solder ini juga memiliki beberapa jenis di antaranya : 

1. Solder biasa
                            Solder jenis ini merupakan solder yang paling sering kita temui di pasaran hal ini karena jenis solder ini adalah yang relatif cukup murah sehingga banyak orang yang lebih memilih solder ini, selain itu jenis solder ini juga dapat di gunkan oleh seorang pemula karena penggunaannya tidak terlalu ribet, namun jangan salah seperti fungsinya solder ini juga mampu melelehkan berbagai jenis timah dari 0,4mm - 1mm.
2.Solder uap
                        Solder uap adalah solder dengan proses penggunaanya dengan menggunakan udara, untuk itu maka diberi nama solder uap. Jenis solder ini kurang cocok bagi seorang pemula selain dari penggunaannya yang cukup sulit terdapat beberapa jenis pengaturannya sebelum menggunakannya.Sangat penting untuk mengetahui pengaturan dasarnya yaitu: mengenai tingkat panas yang dihasilkan melalui mata solder serta tekanan udara yang akan dikeluarkan, Kedua pengaturan ini saling berhubungan satu sama lainnya.
Terdapat beberapa kelebihan pada solder jenis ini yaitu :

  • Biasa digunakan dalam proses solder-dioldering komponen Surface Mount Technology.
  • Suhunya dapat diatur mulai dari 100- 500 derajat celcius.
  • Mampu melindungi kerusakan komponen yang disebabkan listrik yang tidak stabil.

Namun perlu untuk diketahui bahwa harga jual solder uap cenderung lebih mahal, karena proses penggunaannya yang sedikit berbeda sehingga agak jarang yang menggunkannya terutama bagi seorang pemula.
3. Solder dengan pengatur suhu
          selain dua jenis solder tadi terdapat juga solder dengan pengontrol suhu. Solder jenis ini memiliki kelebihan dimana suhunya akan tetap stabil meski sudah dihidupkan untuk waktu yang lama. Meskipun tegangan naik atau pun turun itu tidak akan terlalu mempengaruhi suhu dari solder tersebut. Kestabilan suhu inilah yang mampu menjaga keawetan dari solder itu sendiri sehingga jenis solder ini akan mampu bertahan lama.

           Itulah jenis solder yang sering digunakan dalam perkakas elektronika, oleh karena itu pilihlah jenis solder yang anda butuhkan namun tentu saja harus sesuai dengan kemampuan anda sehingga akan meminimalisir terjadinya kesalahan atau sesuatu hal yang tidak di inginkan. nah cukup sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat......

1 comment: