Friday 12 January 2018

SekilasTenntang APP INVENTOR

P
erkembangan teknologi yang semakin pesat memang membuat segalanya menjadi lebih mudah, salah satu contohnya adalah dalam pembuatan suatu aplikasi mobile.  Pada saat ini hampir semua orang dapat membuat aplikasi berbasis mobile hanya dengan mengikuti panduan atau arahan pada buku, blog, website ataupun sumber informasi lainya serta di tambah sedikit krativitas maka seseorang sudah bisa membuat sebuah aplikasi berbasi mobile ini.  Hal itu yang dapat di tawarkan oleh App Inventor.

App Inventor For Android adalah aplikasi yang pada dasarnya di sediakan oleh Google dan sekarang di maintenance  oleh Massachusetts Institute Of Technology (MIT). App invertor memungkinkan semua orang dapat membuat software aplikasi untuk sistem operasi android. Pengguna dapat menggunakan tampilan grafis GIU dan fitur Drag and Drop visual objek untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operasi android. 
App Inventor ini menggunakan Kawa Language Framework dan Kawa’s dialect yang di kembangkan oleh Per Bothner. Kedua aplikasi ini di distribusikan sebagai bagian dari GNU Operating System oleh Free Software Foundation. Kedua aplikasi tersebut di jadikan sebagai compiler dan menerjemahkan Visual Block Programming untuk di implementasikan pada Platfrom Android.  Banyak hal yang menyenangkan yang dapat anda rasakan  dalam mempelajari App Inventor, dinataranya sebagai berikut :
Ø Just For Fun, membuat aplikasi perangkat mobile sangatlah menyenangkan dan App Inventor menawarkan proses eksplorasi dan discovery. Anda dapat membuka App Inventor pada sebuah web browser, hubungkan posensel anda dan mulai meletakan block. Anda dapat secara cepat melihat dan berinteraksi dengan aplikasi yang sedang anda bangun pada ponsel anda.
Ø Prototype, adalah sebuah model kasar dan belum lengkap, akan tetapi sudah mewakili semua ide dasar anda.
Ø Membangun aplikasi sesuai dengan kepribadian. Dengan App inventor ini anda dapat membangun aplikasi sesuai dengan yang anda inginkan.
Ø Mengembangkan aplikasi secara lengkap. Anda dapat membangun aplikasi secara utuh, aplikasi tersebut akan bersifat general purpose. Bahasa block menyeediakan semua block pemograman fundamental seperti perulangan dengan kondisi dalam bentuk form block.
Ø Teach and Learn. Artinya dapat di pelajari semua kalangan tak peduli anda lulusan sekolah menengah, Sekolah Tinggi atau pun Universitas, asalkan anda mau belajar maka anda sudah pasti bisa.

0 comments:

Post a Comment