Saturday 13 January 2018

Sekilas tentang SQL Server


S
QL server adalah salah data base engine terpopuler dan terbaik saat ini yang di keluarkan oleh Microsoft yang telah di akui sebagai vendor software terbesar di dunia. kompabilitas SQL Server telah di akui berbagai pihak serta mampu mendukung berbagai macam bahasa pemograman berbasi windows seperti Vb (Visual Basic ), Delphi dan Power Builder. Selain itu tersedia juga untuk bahasa pemograman web seperti ASP.
Sejak Versi 7.0 SQL Server telah meningkatkan berbagai fasilitas interaktif serta peningkatan built in function untuk transact SQL. Penggunaan arsitekture client-server juga telah mendunkung dalam penggunaan SQL server tersebut. Hal tersebut dapat di gambarkan bahwa aplikasi tersebut di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian Client dan Bagian Sever. Bagian client atau user bisa mendapat keuntungan bahwa SQL bisa di jalankan di sistem operasi personal seperti windows 95 atau windows ME, dan juga di koneksikan dengan berbagai aplikasi atau bahasa pemograman dengan bantuan ODBC sedangkang bagian server atau database administrator (DBA) akan mempunyai data base yang handal, konsisten, metode locking dan terkontrol secara baik.

Sejarah Singkat :
SQL Server bermula dari tahun 1989 dengan di ilhami kesuksesan besar dari dBase yang di produksi oleh perusahaan Ashton Tate dan menjadi raja database pada kurun waktu tersebut. saat pertama kali SQL Server keluar dengan versi 1.1, yang di produksi secara bersama antara Microsoft dengan pihak Ashton Tate yang berambisi untuk mengeluarkan versi dBase secara client server. Pada tahun 1991, Microsoft memutuskan untuk bekerja sama Sybase dalam hal pengembangan SQL Server. Kerja sama tersebut berlanjut hingga SQL Server mencapai rilis 4.2 pada bulan Maret 1992, yang mendukung pengguna sistem operasi windows 16 bit.
Saat tanggal 12 April 1994, Microsoft akhirnya mengakhiri kerjasama dengan pihak Sybase dalam hal pengembangan SQL Server. Pemurusan ini lebih di karenakan pihak Sybase yang lebih berkonsentrasi ke proyek database server sendiri dengan nama Sybase SQL yang berjalan hampir di semua sistem operasi seperti UNIX, Novell, Dan VMS. Sedangkan pihak microsoft lebih berkonsentrasi pada pengembangan SQL Server untuk memenuhi kebutuhan di sistem operasi windows.


Itulah sekilas tentang SQL Server dan sejarah singkatnya, semoga bermanfaat, untuk info lebih lanjut anda dapat membuka website resminya. Terimakasih..!

Sumber referensi : S.Rizky,"Panduan Belajar SQL Server",jkt,PPP,2004.

0 comments:

Post a Comment