Tuesday 2 January 2018

Metode atau Model WaterFall

Model Ateau Metode WaterFall

Model atau metode air terjun atau yang sering disebut metode waterfall sering dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle), metode ini cukup populer karena hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning) sebagai tahap pertama, kemudian tahap permodelan (modeling),lalu tahap konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan (Pressman, 2012). Berikut tahapan metode waterfall dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

1.  Requirement Analisis

Tahapan Requirement Analisis ini adalah proses pengumpulan data awal untuk memulai suatu penelitian. Pengumpulan data ini dapat di lakukan dengan beberapa cara seperti yaitu sebagai berikut :
a.      Pengamatan langsung (survei), artinya mengamati secara langsung pada subjek atau objek untuk mendapatkan informasi yang di perlukan.
b.     Wawancara, artinya melakukan sederet rangkaian tanya jawab untuk mendapatkan iformasi yang di perlukan.
c.      Quisioner, artinya membuat beberapa pertanyaan dalam bentuk paper untuk di isi oleh subjek tertentu untuk mendapatkan data yang di butuhkan.
d.      Buku Laporan, artinya mencari data dari laporan yang sudah ada tanpa melakukan wawancara atau quisioner.

2.    System Design

 Pada tahapan ini adalah proses mendasain dan merancang system yang akan dibuat bisa dalam bentuk software atau hardware. Dalam bentuk software biasanya lebih pada proses berjalanya sistem, hal ini dapat di gambarkan dengan Use Case Diagram, Activity Diagram, Squencie Diagram dan Class Diagram.

3.     Implementation 

           Di tahapan ini system mulai di buat artinya pada tahap ini mulai mengerjakan program dari hasil rancangan dan desain yang telah di buat, hal ini dapat berupa pembuatan bentuk pada perangkat keras. Sedangkat pada software dapat berupa program atau codingan.

4. Integration & Testing

                integration dan testing adalah tahapan akhir, disini program yang telah di buat di uji keberhasilannya. jika tidak sesuai dengan keingin maka akan dilakukan perbaikan lagi seperti pada tahap implementation. jika program yang di buat telah selesai makan selanjutnya adalah opration dan maintenace. opration dan maintenace ini berfungsi sebagai perawatan sistem untuk jangka panjang.

0 comments:

Post a Comment