Sunday 7 January 2018

Contoh Metodologi Penelitian

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN


3.1              Tahapan Penelitian

3.1.1             Requirement Analisis

Tahapan Requirement Analisis ini adalah proses pengumpulan data awal untuk memulai suatu penelitian. Pengumpulan data ini dapat di lakukan dengan beberapa cara seperti yaitu sebagai berikut :
a.              Pengamatan langsung (observasi lapangan), artinya mengamati secara langsung pada subjek atau objek untuk mendapatkan informasi yang di perlukan.
b.             Wawancara, artinya melakukan sederet rangkaian tanya jawab untuk mendapatkan iformasi yang di perlukan.
c.              Quisioner, artinya membuat beberapa pertanyaan dalam bentuk paper untuk di isi oleh subjek tertentu untuk mendapatkan data yang di butuhkan.
d.              Buku Laporan, artinya mencari data dari laporan yang sudah ada tanpa melakukan wawancara atau quisioner.

1.1.2             System Design

 Pada tahapan ini adalah proses mendasain dan merancang system yang akan dibuat bisa dalam bentuk software atau hardware. Dalam bentuk software biasanya lebih pada proses berjalanya sistem, hal ini dapat di gambarkan dengan Use Case Diagram, Activity Diagram, Squencie Diagram dan Class Diagram.

1.1.3             Implementation

Tahap implementasi ini adalah tahap dimana penulis membuat aplikasi yang telah direncanakan dan dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi.

1.1.4             Integration & Testing

Tahap selanjutnya adalah tahap uji coba. Tahap ini adalah tahap akhir dari pembuatan aplikasi yaitu dengan mencoba aplikasi pada beberapa handphone bersistem operasi Android dan menganalisis hasil aplikasi.

3.2              Pengumpulan Data

Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data untuk  penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.             Observasi
Obsevasi adalah kegiatan melakukan pengamatan secara langsung untuk merasakan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena tertentu sehingga dapat mengumpulkan informasi tertentu yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah penelitian.
2.             Wawancara
Wawancara adalah melakukan serangkaian tanya jawab secara langsung pada subjek dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan untuk melalukan penelitian.
3.             Quisioner
Quisioner ini adalah sebuah deretan pertanyaan yang telah di susun untuk di jawab oleh subjek secara tertulis demi mendapakan informasi yang di inginkan.

3.3              Lokasi  dan Tempat

Tempat dan Waktu penelitian :
Tempat            : Rumah Sakit BETHA MEDIKA  Cibatu
Waktu              : 1 Januari – 30 Mei

3.4              Spesifikasi Sistem Laptop

Perangkat keras yang di butuhkan :
a.         Processor :  Intel (R) Pentium (R) 2,3Ghz
b.         RAM : 4 Gb
c.         Hardisk : 420 Gb


Perangkat Lunak  yang di butuhkan :
a.       Windows 7 84 bit
b.      StarUML
c.       XAMPP
d.      RAD Studio 10.1

e.       Android -SDK
This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment