Tuesday 8 June 2021

 

INTERAKSI KOMUNIKASI MANUSIA DENGAN KOMPUTER (SISTEM)

 

Interaksi adalah komunikasi dua arah, Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Interaksi manusia dan komputer meliputi ergonomic dan faktor manusia.

Tujuan dari interaksi manusia dan komputer ini untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.

 

Bidang - bidang yang terlibat dalam interaksi manusia dan komputer diantaranya sebagai berikut :

Ø  Psikologis : meliputi bagaimana Persepsi user atau pengguna dalam memecahkan masalah.

Ø  Ergonomic : Kemampuan fisik user .

Ø  Sosiologi : Kemampuan memahami konsep interkasi.

Ø  Ilmu komputer dan teknik : Membuat teknologi.

Ø  Bisnis : Pemasaran.

Ø  Desain grafis : Presentasi grafis.

 

Terdapat 3 level yang jika dilakukan dengan baik akan bermanfaat bagi manusia dalam berinteraksi dengan komputer, yaitu:

ü  Task Level : pengetahunan user terhadap task domain dan komputer mampu mempresentasikan task domain yang diinginkan manusia.

ü  Dialog Level : kemampuan user dalam berbahasa (bahasa yang dimengerti komputer) dan komputer mampu memahami bahasa yang diberikan manusia sehingga terjadi interaksi.

ü  level Input/Output : tingkatan input/output yang diberikan manusia melalui piranti masukan seperti keyboard, mouse dll atau piranti keluaran seperti monitor, printer dll sehingga terjadi interaksi yang baik antar keduanya.

Dalam Interaksi kita akan sering menemukan Istilah-istilah sebagai berikut : 

ü Domain : suatu area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata.

ü  Goal : tujuan dari suatu task/tugas.

ü  Task : operasi untuk memanipulasi muatan domain.

ü  Intention : aksi khusus untuk menemukan tujuan yang diinginkan.

ü  Task Analysis : identifikasi ruang yang berkaitan dengan domain, tujuan, tugas dan maksud.

ü  System : aplikasi dalam komputer.

ü  Task language : bahasa user yang menjelaskan atribut domain yang relevan dengan kondisi pengguna.

ü  core language : bahasa system yang menjelaskan atribut domain yang relevan dengan kondisi sistem.

A. Pengertian Ergonomi

Ergonomi memfokuskan pada karakteristik fisik mesin dan system dan melihat performance dari user (seseorang yang terlibat dalam menyelesikkan tugas). Dengan kata lain ergonomic terjadi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin. Faktor manusia adalah studi tentang manusia dan tingkah lakunya.

Ergonomi juga dikenal sebagai suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai  manusia yang berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan sehari – harinya. Sedangkan  jika di lihat dari bidang desain produk, Ergonomi adalah  sebuah ilmu terapan yang menjelaskan tentang  kelebihan dan  keterbatasan manusia, disamping  itu dengan secara sistematis memanfaatkan dari berbagai informasi tersebut dalam merancang suatu produk. Maka dengan demikian Produk yang di hasilkan akan menjadi lebih baik, efektif, aman, dan  juga nyaman. Jadi, makna yang terkandung dari ilmu ergonomi sendiri adalah suatu penyelarasan antara produk dengan kebutuhan tubuh manusia.

B. Prinsip – Prinsip Ergonomi

Suatu produk yang memiliki nilai yang  tentunya harus mengedepankan berbagai nilai prinsip ergonomi. Berbagai prinsip tersebut di antaranya adalah kegunaan, keamanan, kenyamanan,  serta keluwesan, dan kekuatan. Untuk lebih jelasnya tentang  berbagai perinsip tersebut bisa  anda lihat sebagai berikut ini  :

a. Kegunaan ( Utility )

Kegunaan atau utility yaitu  produk yang dihasilkan tersebut  dapat  dimanfaatkan oleh  seseorang dalam mendukung berbagai aktifitas atau kebutuhannya secara maksimal tanpa mengalami kesulitan atau masalah disaat  menggunakannya.

b. Keamanan ( Safety )

Sedangkan untuk prinsip Keamanan pada sebuah produk merupakan dimana produk yang dihasilkan dapat  digunakan dan dimanfaatkan tanpa adanya resiko yang bisa membahayakan keselamatan dan juga menimbulkan kerugian bagi si pengguna.

c. Kenyamanan ( Comfortability )

Kenyamanan yaitu  produk yang di hasilkan tersebut  dapat  digunakan sesuai dengan kebutuhan ( Pas, Cocok, ideal ) atau tidak menimbulkan masalah pada saat  digunakan ketika beraktifitas, bahkan di usahakan  agar dapat  mendukung aktivitas atau kegiatan  seseorang.

d. Keluwesan ( Flexibility )

Keluwesan atau Flexibility  yakni  produk yang dihasilkan sebisa mungkkin dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan  di berbagai kondisi atau dengan kata lain multifungsi.

e. Kekuatan ( Durability )

Yaitu adalah  produk yang dihasilkan tersebut haruslah tahan lama ( Awet ) atau tidak mudah rusak apabila  digunakan.

0 comments:

Post a Comment