INTERAKSI KOMUNIKASI MANUSIA DENGAN KOMPUTER (SISTEM)
Interaksi
adalah komunikasi dua arah, Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan
antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan
elektronik. Dengan kata lain Interaksi
manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian
proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi
dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui
sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Interaksi
manusia dan komputer meliputi ergonomic dan faktor manusia.
Tujuan dari interaksi
manusia dan komputer ini untuk
mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai
umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat
yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang
digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk
mengetik sesuatu.
Bidang - bidang yang terlibat dalam
interaksi manusia dan komputer diantaranya sebagai berikut :
Ø
Psikologis :
meliputi bagaimana Persepsi user atau pengguna dalam memecahkan masalah.
Ø
Ergonomic :
Kemampuan fisik user .
Ø
Sosiologi :
Kemampuan memahami konsep interkasi.
Ø
Ilmu komputer dan
teknik : Membuat teknologi.
Ø
Bisnis :
Pemasaran.
Ø
Desain grafis :
Presentasi grafis.
Terdapat 3 level yang jika dilakukan dengan baik akan
bermanfaat bagi manusia dalam berinteraksi dengan komputer, yaitu:
ü Task
Level : pengetahunan user
terhadap task domain dan komputer mampu mempresentasikan task domain yang
diinginkan manusia.
ü Dialog
Level : kemampuan user
dalam berbahasa (bahasa yang dimengerti komputer) dan komputer mampu memahami
bahasa yang diberikan manusia sehingga terjadi interaksi.
ü level Input/Output : tingkatan input/output yang diberikan manusia melalui piranti masukan seperti keyboard, mouse dll atau piranti keluaran seperti monitor, printer dll sehingga terjadi interaksi yang baik antar keduanya.
Dalam Interaksi kita akan sering menemukan Istilah-istilah sebagai
berikut :
ü Domain : suatu area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan
dunia nyata.
ü Goal : tujuan dari suatu task/tugas.
ü Task : operasi untuk memanipulasi muatan domain.
ü Intention : aksi khusus untuk menemukan tujuan yang
diinginkan.
ü Task Analysis : identifikasi ruang yang berkaitan dengan
domain, tujuan, tugas dan maksud.
ü System : aplikasi dalam komputer.
ü Task language : bahasa user yang menjelaskan atribut domain
yang relevan dengan kondisi pengguna.
ü core language : bahasa system yang menjelaskan atribut
domain yang relevan dengan kondisi sistem.
A. Pengertian
Ergonomi
Ergonomi memfokuskan pada karakteristik
fisik mesin dan system dan melihat performance dari user (seseorang yang
terlibat dalam menyelesikkan tugas). Dengan kata lain ergonomic terjadi dimana
interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin. Faktor manusia adalah studi tentang
manusia dan tingkah lakunya.
Ergonomi juga dikenal sebagai suatu
disiplin ilmu yang mempelajari mengenai manusia yang berkaitan dengan
pekerjaan atau kegiatan sehari – harinya. Sedangkan jika di lihat dari
bidang desain produk, Ergonomi adalah sebuah ilmu terapan yang
menjelaskan tentang kelebihan dan keterbatasan manusia, disamping
itu dengan secara sistematis memanfaatkan dari berbagai informasi
tersebut dalam merancang suatu produk. Maka dengan demikian Produk yang di
hasilkan akan menjadi lebih baik, efektif, aman, dan juga nyaman. Jadi,
makna yang terkandung dari ilmu ergonomi sendiri adalah suatu penyelarasan
antara produk dengan kebutuhan tubuh manusia.
B. Prinsip – Prinsip Ergonomi
Suatu
produk yang memiliki nilai yang tentunya harus mengedepankan berbagai
nilai prinsip ergonomi. Berbagai prinsip tersebut di antaranya adalah kegunaan,
keamanan, kenyamanan, serta keluwesan, dan kekuatan. Untuk lebih jelasnya
tentang berbagai perinsip tersebut bisa anda lihat sebagai berikut
ini :
a. Kegunaan
( Utility )
Kegunaan atau utility
yaitu produk yang dihasilkan tersebut dapat dimanfaatkan oleh
seseorang dalam mendukung berbagai aktifitas atau kebutuhannya secara
maksimal tanpa mengalami kesulitan atau masalah disaat menggunakannya.
b. Keamanan
( Safety )
Sedangkan untuk prinsip
Keamanan pada sebuah produk merupakan dimana produk yang dihasilkan dapat
digunakan dan dimanfaatkan tanpa adanya resiko yang bisa membahayakan
keselamatan dan juga menimbulkan kerugian bagi si pengguna.
c. Kenyamanan
( Comfortability )
Kenyamanan yaitu produk
yang di hasilkan tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan (
Pas, Cocok, ideal ) atau tidak menimbulkan masalah pada saat digunakan
ketika beraktifitas, bahkan di usahakan agar dapat mendukung
aktivitas atau kegiatan seseorang.
d. Keluwesan
( Flexibility )
Keluwesan atau
Flexibility yakni produk yang dihasilkan sebisa mungkkin dapat
digunakan untuk berbagai kebutuhan di berbagai kondisi atau dengan kata
lain multifungsi.
e. Kekuatan (
Durability )
Yaitu adalah produk yang
dihasilkan tersebut haruslah tahan lama ( Awet ) atau tidak mudah rusak apabila
digunakan.
0 comments:
Post a Comment