Monday 1 October 2018

cara membuat perintah dis Query pada HeidiSQL untuk Primary Key atau Foreign Key

Primary Key & Foreign Key

Primary Key dalam Foreign key merupan dua kunci utama dalam sebuah database untuk menentukan nilai utama agar tidak adak nilai yang sama dan penghubung dari satu tabel ke tabel lainnya.

Dengan kata lain Primary Key ini merupakan sebuah kunci utama untuk menjadikan baris pada setia tabel yang ada pada database itu berbeda dengan baris lainnya. Sedangkan Foreign Key merupakan kunci untuk kolom atau field dari satu tabel yang menjadi kunci tamu dari kolom atau field pada tabel laiinya, jadi pada intinya Foreign Key merupakan kunci penghubung atau relationship untuk setiap tabel pada database agar dapat saling berhubungan.

Berikut salah satu cara untuk membuat perintah menjadikan Kolom sebagai Primary Key dan Foreign Key dengan perintah pada Query :


Saat kita membuat table pada database dan kita ingin menjadikan kolom pada table tersebut sebagai Primary Key atau Foreign Key terkadang kita menumukan kesalahan atau eror seperti pada gambar dibawah :
 
Namun kita tidak perlu khawatir karena kita dapat menjadikan kolom pada table tersebut sebagai Primary Key atau Foreign Key dengan menggunakan perintah pada Query:
Berikut script atau perintah yang dapat kita gunkan pada Query :

Primary Key :
 Alter Table <Nama tabel > Add Primary Key (Nama Kolom);
 contoh : Alter Table data_pasien Add Primary Key (NIK); 
 

Foreign Key :
Alter Table <nama_tabel> Add Foreign Key  (nama_kolom) References on <nama_tabel_referensi> (nama_kolom_referensi) ; 
contoh : Alter Table  profil_pasien Add Foreign Key  (NIK) References on data_pasien (NIK) ; 


Mungkin cukup sekian pembahasan kali, Semoga bermanfaat.. 
Selamat Mencoba :) 

===================> Silahkan di Cek BONUS

0 comments:

Post a Comment