Thursday 23 August 2018

Skrip Login untuk satu user pada bahasa pemograman Delphi


Delphi merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) compiler untuk Bahasa Pemrograman Pascal serta pengembangkan untuk perangkat lunak dalam pembuatan aplikasi dekstop atau mobile. Bahasa Pemrograman Delphi ini juga menggunakan visualisasi seperti Bahasa Pemrograman Visual Basic atau biasa dikenal VB. Tetapi Bahasa Pemrograman yang digunakan hampir sama dengan Bahasa Pemrograman Pascal yang juga menggunakan konsep OOP atau konsep yang berorientasi objek.
Pada umumnya bahasa pemograman ini hanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi dekstop, namun setelah dikembangkan bahasa pemograman ini menajadi lebih bersipat general pupose. Bahasa Pemrograman ini dapat berbasis jaringan client server. 
Dengan berkembangnya aplikasi client server maka diperlukan sebuah opsi saat user atau admin akan memasuki halaman utama, dimana admin saat login akan masuk kehalaman khusus untuk admin dan user juga masuk kehalaman khusus user. Berikut Script login yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.  Scriptnya dapat dilihat dibawah ini.





var
a,b : string,
begin
a:=(edit1.text);
b:=(edit2.text);
if (a = 'admin') and (b='admin') then
begin
  loginn.Hide;
  kasirr.Show;
  Showmessage('Selamat anda berhasil login')
end  else
a:=(edit1.text);
b:=(edit2.text);
if (a = 'user') and (b='user') then
begin
  loginn.Hide;
  dokterr.Show;
  Showmessage('Selamat anda berhasil login')
end
 else if edit1.Text='' then Showmessage ('Username anda masih kosong')
 else if edit2.Text='' then Showmessage ('Password anda masih kosong')
  end;

Script diatas merupakan script login yang tidak terhubung dengan data base, dengan kata lain script ini bukan scrip multi user. Nah cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment