Tuesday 16 May 2017

Membuat Menu & Script Login manual pada Radstudio / EMbarcadero

Membuat Menu & Script Login Pada Embarcadero


       Sebelum ke pembahasan saya akan menjelaskan sedikit tentang pemograman ini, Delphi adalah sebuah Lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol, desktop, web, ataupun perangkat mobile. Produk ini pada awalnya dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Mac OS X, iOS, Microsoft .NET framework (lihat di bawah). ( https://id.wikipedia.org/wiki/Embarcadero_Delphi )
          Nah itulah sedikit penjelasan tentang bahasa Pemograman ini, ok selanjutnya kita bahas bagai mana cara pembuatan menu login pada Embarcadero. Berikut langkah - langkahnya :
  1. Buka aplikasi RadStudio anda.
  2. Pilih file => new => multi device application Delphi => pilih blank application.
  3. Setelah muncul jendela kita dapat mengatur desain sesuai yang kita inginkan contoh : disini saya menggunkan Panel, Label, Button.  contoh :
  4. Nah jika sudah membuat icon atau menu untuk login, langkah selanjutnya adalah membuat perintah untuk system itu. Untuk perintahnya anda dapat memasukan script berikut.
    Nah itu adalah script untuk login namun masih secara manual tanpa terkoneksi kedata base.
Nah itulah langkah - langkah untuk membuat form login pada Embacadero, Semoga bermanfaat. !!

0 comments:

Post a Comment